Senin, 17 Agustus 2015

Pentingnya membuat pendataan prospek hingga menjadi customer


Pentingnya membuat pendataan prospek hingga menjadi customer


Bagi Anda yang berbisnis, sangat penting membuat pendataan prospek hingga menjadi customer. Ini yang saya lakukan untuk bisnis saya. Awalnya saya pelajari ketika membangun sistem untuk perusahaan.


Dalam perusahaan, sistem ini dinamakan CRM (Customer Relatioship Management). Harga sistem seperti ini sangat mahal. Jika tidak percaya, coba deh cari sistem CRM buatan Microsoft (Microsoft CRM). Anda akan terkejut dengan harganya.


Nah, untuk pebisnis UKM ga perlu beli sistem semahal itu, cukup gunakan saja excel. Yang penting bisa digunakan untuk mencatat data prospek, komunikasi dengan prospek, hingga mencatat data pelanggan.


Fungsinya apa?
Macam-macam, untuk melakukan review terhadap kinerja bisnis Anda dan juga melihat history komunikasi dengan masing-masing customer. Dari situ akan banyak kegunaannya, misalnya memberikan hadiah/diskon untuk prospek tertentu atau memperbaiki kinerja tim Anda.


Menarik kan? Coba deh dibikin. Pasti akan banyak manfaatnya. Memang tidak mudah, apalagi setiap review/hasil komunikasi dengan prospek atau customer harus Anda catat. Merepotkan tapi sangat bermanfaat untuk bisnis Anda ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.